Soppeng, Ham Indonesia. Komisi Hak Asasi Manusia (Komnas Ham)  mengunjungi Kabupaten Soppeng (Sulsel). Kedatangan mereka terkait laporan masyarakat  menyangkut dengan problem konflik agraria (Kawasan Hutan Lindung) yang belum di tanggapi Pemda Soppeng.

Komisioner Komnas HAM, Wahyu Pratama penyelidik Komnas HAM Saat diwawancara HAM Indonesia Rabu 27/9/2017 usai bertemu dengan perwakilan  Pemkab Soppeng menjelaskan bahwa, “agenda kunjungan ke Bumi Latemmamala dalam rangka Klarifikasi, meneliti konflik agraria di sektor Kehutanan terkait Kawasan Hutan lindung.”

Dijelaskannya, bahwa, yang menjadi fokus mereka untuk mempelajari karakterstik dari konflik Agraria di sektor kehutanan yang terkait Kawasan Hutan lindung.

Selain itu kata dia, “Konflik dalam bahasa kami bukan hanya konflik fisik tapi konflik klaim hak atas tanah, hak asasi manusia dan lainnya,”jelasnya.

Andi Baso, Petta Karaeng Ketum L-HAERINDO, pada media ini memaparkan bahwa, kedatangan mereka (Komnas Ham) dalam rangka untuk bertemu dengan Pemkab Soppeng dan masyarakat, “sebab Komnas pernah menerima aduan dari masyarakat tentang itu sehingga kami ke sini melihat lebih dalam apakah persoalan itu sudah selesai atau belum, dan ternyata belum juga selesai,” jelas Andi Baso.

Sementara, Sarianto Asisten 1 Sekda Pemerintahan sebagai penerima agenda menerangkan  bahwa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Soppeng sengaja mengadakan pertemuan ini secara terbuka,Transparansi dan mengundang SKPD terkait, Masyarakat dan LSM L-HAERINDO dan LAPAMANYA sebagai (Pendamping).

“Kami pihak Pemerintah menginginkan tidak ada pandangan dari masyarakat atau elemen bahwa Pemerintah bekerjasama Pihak yang berwajib (Komnas HAM) dari hasil sharing yang dilakukan ini, diketahui kawasan hutan lindung  di Kabupaten Soppeng memang keseluruhan adalah cukup luas dan sekarang dalam proses, akan tetapi Untuk itu kami akan pelajari dan diharapkan masyarakat bersabar, “harapnya. ( Ahmad Bd )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here